Persiapan sebelum berangkat ke Polandia

Halo semua, Sekarang udah jam setengah dua pagi waktu Polandia. Gue baru aja selesai nugas, tapi masih juga belum ngantuk. Jadi gue putuskan untuk nulis. Kali ini gue ingin sharing mengenai persiapan sebelum berangkat ke Polandia khususnya buat kalian yang akan melanjutkan kuliah ke Polandia. Ada beberapa hal yang perlu kalian persiapkan sebelum berangkat ke Polandia. Apa saja ? Mari kita bahas – satu – satu

1.Persiapkan seluruh dokumen yang diperlukan

Persiapkan seluruh dokumen yang sekiranya kalian perlukan selama tinggal di Polandia. seperti untuk keperluan kuliah, apply residence permit dan keperluan lainnya. Dokumen yang biasanya diperlukan adalah Paspor, visa, ijazah SMA dan S1 bagi yang ingin melanjutkan S2, transkrip nilai dan asuransi. Untuk Ijazah serta transkrip harus yang berbahasa inggris dan sudah dilegalisir oleh Kemenlu, Kemenkumham serta Kedutaan Polandia. Oia siapkan juga dokumen yang berisi keterangan dimana bakal kalian tinggal. Karena waktu gue dateng pertama kali ke Poland, pas di bandara sempet ditanyain. Untuk penerima beasiswa ignacy biasanya dari kedutaan, kita udah dikasih dokumen tersebut serta contact person dari dormitory yang bakal kita tempatin

2. Siapkan uang cash  Euro atau USD

Mata uang polandia adalah Zloty. Namun sayangnya sulit menukarkan uang zloty di Indonesia. Oleh karena itu, gue rekomendasiin untuk siapin aja uang cash euro atau USD. Jumlahnya jangan banyak – banyak . secukupnya aja. Karena di Polandia nanti kalian bisa tarik tunai ko di atm sini. Tapi gak semua ATM bisa. Untuk Bank BRI ( ini yang gue punya ) itu gak ada masalah. tapi untuk Bank mandiri temen – temen kesulitan tarik tunai. Kalau bank lainnya gue gak tahu karena belum pernah coba. Nah uang cash euro yang kalian bawa bisa digunakan untuk keperluan hari pertama kalian sampe di Poland misal beli tiket bus, kereta atau mungkin makan. Nah kalian bisa tuker uang euro itu di Bandara. Tapi gue saranin jangan semua uang euro yang kalian bawa ditukerin semua dibandara. karena Ratenya gak bagus kalo di bandara. gue pas dateng kesini cuma nukerin 50 euro dibandara. sisanya gue tukerin pas gue sampe kota wroclaw. karena ratenya lebih bagus.

3.Belajar bahasa Polandia

Menurut gue penting banget buat kalian untuk belajar bahasa Poland sebelum berangkat kesini. Minimal untuk hal – hal standard seperti untuk tanya dimana stasiun, order taxi, tanya dimana beli tiket. Karena itu akan berguna banget saat kalian dateng kesini. Belajarnya pake apa aja. banyak kok sumber yang bisa kalian gunakan. Kalian bisa belajar bahasa polandia via youtube ataupun aplikasi yang bisa kalian download di appstore atau playstore.

4. Bawa Stock makanan indo untuk masa transisi

Karena cita rasa makanan sini menurut gue sangat berbeda sama makanan Indonesia. jadi alangkah lebih baiknya kalian bawa stock makanan dari Indonesia untuk semingguvpertama tinggal di Polandia. Gue waktu itu bawa rendang kering, abon, sama kentang balado. Dan jangan lupa juga bawa bumbu – bumbu jadi, penyedap rasa, saos abc, kecap. Menurut gue itu penting banget khususnya buat kalian yang kurang pinter masak.

5. Persiapkan Pakaian secukupnya

Kalian memang bakal tinggal lama di Poland. Tapi menurut gue lebih baik bawa pakaian secukupnya aja. gak perlu banyak – banyak . bahkan menurut gue si lebih penting bawa stock makanan termasuk indomie :D. itu menurut gue si. kenapa ? Karena gue yakin banget disini kalian bakal shopping beli pakaian – pakaian baru apalagi untuk winter. Oia gue saranin jangan beli keperluan winter di Indo. kayak coat or jaket tebel, sepatu winter dll. Mending beli di Poland aja. pertama harganya gak jauh beda. terus disini banyak pilihannya dan yang paling penting adalah pakaian winter disini pastinya memang cocok sama cuaca disini. Karena ketika kalian beli di Indonesia bisa aja ternyata pakaian winternya itu gak cocok sama cuaca winter di Poland. dan keuntungan lainnya jadi lebih hemat bagasi. kalian bisa masukin barang lainnya yang lebih penting. Karena kalian bakal dateng di bulan september, biasanya cuacanya udah sedikit dingin tapi ini tergantung si. jadi persiapin aja jaket. Jaket bomber ditambah sweater itu dah anget lah

6. Download jakdojade.pl

Jakdojade.pl adalah sebuah aplikasi yang memuat jadwal angkutan umum di kota – kota Polandia. Ini sangat berguna untuk mengetahui angkutan umum apa dan trayek mana yang bisa kita gunakan untuk menuju suatu tempat dan diaplikasi ini juga ditampilkan berapa lama kita harus nunggu.

7. Persiapkan Mental

Persiapan terakhir dan yang menurut gue paling penting adalah Persiapkan mental. Studi di Polandia pastinya tidak mudah. Kita bakal jauh dari orang tua, kita bakal menghadapi perbedaan budaya, cuaca dan pastinya bahasa yang digunakan sehari – hari. Sesulit apapun kondisi yang bakal kalian hadapi disini kalau mental kalian sudah kuat pasti akan lebih mudah menjalaninya

Itu dia sharing gue mengenai persiapan sebelum berangkat ke Polandia. Semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan langsung aja tinggalkan komentar. Oia dan jangan lupa subscribe channel youtube gue ya di link berikut :

https://www.youtube.com/channel/UC1lD0qLrrj80IUXiCLQyOyg

Terima kasih

Salam

Andrian

Leave a Reply

