Kerja Part Time di Polandia

Halo semua, Kali ini gue ingin cerita mengenai kerja part time di Polandia karena ada beberapa orang nanya ke gue mengenai ini. bisa gak si kuliah sambil kerja part time di Polandia ?

Jawabannya tentu saja bisa dan itu legal. Maksudnya ketika kalian berstatus sebagai mahasiswa di Polandia dengan izin tinggal menggunakan visa type D atau memiliki kartu residence permit sementara kalian diperbolehkan kerja sambil kuliah. Baik itu part time maupun full time selama kalian bisa bagi waktunya.

Ada beberapa mahasiswa Indonesia juga yang saat ini kuliah sambil kerja. Mereka umumnya bekerja di start up company. Temen kelas gue yang juga foreigner kuliah sambil kerja bahkan dia kerjanya full time.

Bagaimana proses untuk mengetahui peluang kerja ?

Informasi mengenai peluang kerja biasanya bisa kita dapatkan dari job portal website seperti https://www.pracuj.pl dan https://www.careersinpoland.com . Kalian juga bisa dapatkan informasi peluang kerja dari biro karir ( biuro karier ) yang ada di kampus tempat kalian kuliah.

Berkas apa saja yang diperlukan untuk apply kerja ?

umumnya dokumen yang mereka minta pertama adalah CV  dan bisa juga sama cover letter. direkomendasikan CV yang  kalian dgunakan itu europass standard. Jika kalian belum punya, kalian bisa download di internet atau bisa juga buat secara online di https://europass.cedefop.europa.eu/editors/en/cv/compose

Apa saja tahapannya ?

Sebenernya itu si tergantung banget sama perusahaannya. Tapi berdasarkan pengalaman pribadi serta hasil riset saya dari website – website perusahaan maupun job portal yang menawarkan lowongan kerja, biasanya ada beberapa tahapan sampai kita bisa mendapatkan kerjaan tersebut

1.Tahap Penerimaan berkas

Pada tahapan ini ya kita harus submit dokumen kita. Biasanya aplikasi bisa dikirimkan melalui email atau melalui sistem yang mereka gunakan

2. Interview by phone

Setelah mereka mereview CV dan cover letter yang kalian kirim, Jika mereka tertarik mereka akan menghubungi kamu untuk mengikuti tahap recruitment selanjutnya yaitu Interview by phone. Berdasarkan pengalaman, mereka akan bertanya kapan kita siap untuk melakukan interview by phone. Saran saya si kalau bisa jangan pas hari itu juga dan jangan juga terlalu lama setelah mereka menghubungi kalian. mungkin 1 atau dua hari setelah itu. sehingga kalian memiliki waktu untuk mempersiapkan diri.

Berdasarkan pengalaman pribadi, pada interview telepon mereka lebih banyak menanyakan seputar diri kita. kenapa pengen gabung di perusahaan mereka. Tanya pengalaman kita serta ditanyakan juga tentang berapa exspektasi sallary yang ingin kalian dapatkan per bulannya.

3. Interview face to face 

Setelah mereka melakukan interview by phone dan mereka tertarik untuk wawancara kamu secara langusng. mereka akan mengundang kamu untuk interview dengan mereka. Biasanya jadwal mereka yang menentukan. Pada tahapan wawancara ini kalian akan wawancara bareng pihak HRD atau calon atasan dari department posisi yang kalian apply. Saat tahap ini dibeberapa kasus juga kalian akan megikuti test kemampuan. Kalian diminta untuk melakukan test skill berkaitan dengan posisi pekerjaan yang ditawarkan. Biasanya untuk bidang IT, test ini pasti ada.

4. pengumuman

Dan setelah kalian interview langsung, Mereka akan menghubungi kalian untuk kemudian sign kontrak dan lain sebagainya.

Tahapan – tahapan diatas kembali lagi sangat tergantung dari perusahaannya. Khususnya perusahaan – perusahaan besar umumnya mereka menggunakan tahapan – tahapan tersebut dalam proses recruitment. Tentunya banyak yang lebih sederhana misalkan jika kalian apply ke restaurant, supermarket dll.

Susah gak cari kerja part time di Poland ?

Susah engganya tentunya sangat relatif. Banyak faktor yang mempengaruhi termasuk skill yang kita miliki. Jika kalian menguasai banyak bahasa asing misalkan bahasa german, france, italy, spain atau jika kalian menguasai bahasa pemprograman seperti Phyton, Php, Java dll peluang untuk mendapatkan kerja akan lebih mudah.

Mungkin itu aja yang ingin gue share. mudah – mudahan tulisan ini bermanfaat dan memberikan sedikit gambaran buat kalian yang berencana melanjutkan kuliah ke Poland dan ingin sambil kerja, Jika kalian ada pertanyaan lagi terkait kerja part time di Poland , Jangan sungkan untuk tinggalkan komentar.

Salam

Andrian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s