Youtuber – perlukah kau berkata kasar ?

Kali ini gue ingin menulis sedikit hal yang gue resahkan akhir – akhir ini. Selama dua tahun terakhir ini gue sangat akrab dengan youtube. semenjak tinggal di Polandia gue sering banget akses youtube karena internet di dormitory memang gratis dan kenceng. Dan gue pun mulai buat channel di youtube.

Youtube menjadi salah satu web paling populer di dunia dimana situs ini memungkinkan pengguna menggunggah, menonton dan berbagi video. Saat ini banyak orang mengakses youtube untuk menonton berita, cover lagu, tutorial – tutorial hingga untuk mencari informasi untuk belajar. Content yang tersedia  di youtube sangat beragam sekali. video – video tersebut dibuat oleh content creator atau dikenal dengan sebutan “Youtuber”. Mereka sangat  sangat kreatif. Ada yang fokus membuat video tentang games, ada yang membuat vlog mengenai kehidupan sehari – harinya dan masih banyak lagi. Banyak youtuber Indonesia yang ketenarannya gak kalah sama selebriti terkenal Indonesia. Mereka memiliki banyak subscribers bahkan ada yang tembus 1 juta subscribers seperti raditya dika, Edho zell dan Reza oktavia. dan tentunya masih banyak youtubers lainnya yang dikenal masyarakat yang memiliki subscribers ratusan ribu orang. video – video yang mereka upload ditonton puluhan ribu, ratusan ribu hingga diatas 1 juta kali. Angka yang sangat fantastis.

Namun yang gue resahkan adalah ada diantara content creators atau youtbers Indonesia yang suka ngomong kasar dalam videonya. misalkan dalam video ini

https://www.youtube.com/watch?v=iXT-iYq-ibw&t=806s

Video tersebut diupload pada bulan lalu yaitu April 2017 dan sudah ditonton lebih dari 1.500.000 kali.  Banyak sekali orang yang nonton video tersebut. Dalam videonya sang youtuber  berkata kasar berkali – kali. dan gue yakin banyak diantara orang yang nonton video tersebut adalah orang yang dibawah umur yang memang mulai gemar menonton youtube seiring mudahnya mengakses internet. Kata kasar tersebut menurut gue belum cocok dan pantas untuk dikonsumsi mereka, Dan akan sangat mudah sekali ditiru.

Youtuber – Perlukah kau berkata kasar ?

Gue paham bahwa semua youtuber bebas untuk mengekspresikan diri mereka seperti yang mereka inginkan. mereka berhak membuat video sesuai kepribadian mereka dan menjadi diri mereka sendiri.

Tapi please, kalian itu memiliki banyak sekali subscribers, video kalian ditonton oleh banyak orang termasuk orang – orang yang masih dibawah umur yang gemar nonton youtube. Kalian tahu bahwa kalian kini bisa dibilang pembuat tren. Bayangkan mereka ngikutin apa yang kalian ucapin di video kalian di kehidupa nsehari – hari mereka. Mungkin kalian berpikir ” Kalau gak suka ya jangan tonton dong” . Memang disini bukan gue yang mau nonton, tapi subscribers kalian yang sampai puluhan ribu, ratusan ribu hingga jutaan.  Tanpa kata – kata kasar di video kalian pun gue yakin subscriber kalian tetap banyak kok dan terus bertambah dan video kalian bakal tetep ditonton banyak orang.

Jadi buat youtuber Indonesia, gue mengajak kalian semua ayo dong buat video kalian yang aman dikonsumsi untuk generasi muda atau yang dibawah umur. Ayo hilangkan atau hindari mengucapkan kata – kata kasar di video – video yang bakal kalian upload selanjutnya. Sumpah, kalian itu sangat keren dan kreatif. dan kalian bakal tambah keren lagi kalau bisa upload video tanpa mengumpat.

Gue berharap content – content yang dibuat oleh content creators atau youtubers Indonesia itu video yang kreatif, inovatif, informatif dan menghibur tanpa kata – kata kasar. Dan buat bang reza oktavian, gue mohon maaf karena videonya gue jadikan contoh di tulisan gue kali ini. gue yakin bang reza ini orangnya open minded dan tidak masalah akan kritik ini.

Leave a Reply

