Tantangan Kuliah di Polandia

Hallo Semua, seminggu lalu gue sempet nulis mengenai informasi beasiswa ke Polandia yang memang sudah dibuka per 16 Mei 2017. Nah buat kalian yang mau daftar beasiswa ini. Kalian harus ketahui juga mengenai tantangan yang dihadapi selama kuliah di Polandia. Karena pastinya kuliah di Polandia gak seindah yang kamu bayangin. Gak secantik foto – foto instagram dari mahasiswa yang kuliah di Polandia yang kamu ikutin. Banyak Tantangan yang harus kalian hadapi selama kuliah disini. Apa saja ?

Namun sebelum gue lanjutin, gue mau tanya. Sudahkah follow channel youtube gue ? hehehe. Yang belum, di subscribe dulu dong disini

Sudah subscribenya ? seriusan nih udah ?

Klo udah gue lanjutin ya.

Ada beberapa tantangan yang harus kalian hadapi ketika kuliah ke luar negeri khususnya ke Polandia. berikut tantangan – tantangannya

1.Bahasa

Polandia memiliki bahasa sendiri yang mereka gunakan sehari – hari. Berdasarkan study yang ada, bahasa Polandia adalah salah satu bahasa tersulit didunia. Meskipun kaum mudanya mayoritas bisa berbahasa Inggris, namun tetap saja kita harus bisa menguasai bahasa Polandia untuk daily conversation. Misalkan untuk belanja, minjem buku ke perpustakaan, Komunikasi sama pihak dormitory / tempat kita tinggal dan aktivitas sehari – hari lainnya. Karena umumnya yang bakal kita hadapi adalah orang – orang tua yang mereka lebih seneng berbicara bahasa Polish. Mau gak mau kita juga harus ngomong bahasa polish. Meskipun setahun pertama kita ada preparation course termasuk bahasa polandia, tetap saja  bahasa akan menjadi tantangan terbesarmu saat kuliah dan tinggal di Polandia. Sudah siap menghadapi kendala ini ?

2.Lulus preparation course

Seperti gue mention diatas bahwa tahun pertama kita ada preparation course. preparation course ini gak cuma bahasa Polandia, tetapi juga mata kuliah dasar lainnya seperti matematika, fisika, komputer, kimia. Meskipun yang dipelajari adalah basic, namun tantangannya adalah kita harus mempelajari itu semua dalam bahasa polish. Dan kita wajib lulus mata kuliah diatas untuk bisa mendapatkan beasiswa ditahun berikutnya.  Dan tantangan ini lebih besar dua kali lipat di kasus gue. Karena seperti gue mention di tulisan gue sebelumnya bahwa gue adalah lulusan sosial science. Meskipun pas SMA gue ambil jurusan IPA, tapi selama kuliah 4 tahun di jurusan komunikasi gue gak pernah bersentuhan sama sekali sama mata kuliah diatas. Dan kebayangkan, gue harus belajar logaritma lagi, hukum newton lagi. Tapi alhamdulillah gue bisa lulus di semua mata kuliah itu. Jadi masih semangat untuk apply beasiswa ini?

3. Proses kuliah / belajar

Pelajar Indonesia biasanya paling seneng “dicekokin”. Karena memang sistem pendidikan kitanya masih begitu. Namun disini kalian harus bisa belajar mandiri. Maksudnya ketika kuliah, Dosen memang kasih materi tapi porsinya gak banyak. Jadi lebih banyak mahasiswa yang presentasi, diskusi  serta ngerjain project – project. Dan tantangannya adalah, rata – rata disini kehadiran gak wajib. Dan biasanya saat kelas materi itu, mahasiswa sedikit  banget yang dateng terutama kelas untuk program S2. Tapi pastinya pas final exam atau presentasi project baru semuanya hadir. Gue sempet ngalamin kuliah cuma bertiga dikelas termasuk dosen. Sedikit banyak ini akan mengurangi semangat kita untuk masuk kelas. Kalau kita gak bisa maintain motivasi kita, kita bakal kebawa males dan gak mau masuk kelas.

Dan salah satu hal penting adalah kita harus bisa aktif di kelas. Karena itu menambah penilaian sendiri dari dosen. Gue pernah dapet pengalaman, Jadi gue sering maju pas dikelas atau mengutarakan pendapat tentang topik yang dibahas. Nah ketika sudah masuk kuliah terakhir dan menuju final exam, Dosen gue udah kasih gue nilai untuk mata kuliah tersebut. Gue gak harus ikut ujian. Ada 3 orang yang gak perlu ikut ujian, sisanya yang gak aktif di kelas mau gak mau kudu ikut ujian untuk bisa lulus mata kuliah tersebut.

4. Cuaca

Orang Indonesia terbiasa dengan cuaca panas. Namun Polandia bukanlah negara tropis tetapi negara dengan 4 musim.  ketika kalian kuliah di Polandia, kalian harus siap menghadapi dinginnya winter yang tembus hingga -20 derajat. Dimana ketika kalian mau keluar meskipun cuma pergi ke toko yang gak jauh dari tempat tinggal, Kalian harus pake jaket/ coat tebel. Belum lagi kalau ada kuliah pagi. Cuaca jam 8 masih gelap. terus turun salju tapi kalian harus ngampus karena ada kelas. Nah sudah siap ?

5. Kangen keluarga dan orang – orang di Indonesia

Meskipun teknologi sudah canggih dimana kalian bisa teleponan, chatting dan video callan kapan aja kalian mau sama keluarga. Apalagi internet di Polandia kencengnya berlipat – lipat dari Indonesia. Tapi tetep aja buat gue pribadi itu semua gak cukup untuk mengobati kekangenan kalian ke keluarga kalau gak bertemu langsung. terutama buat kamu yang gak bisa jauh dari keluarga. Yakin masih mau kuliah ke luar negeri ?

6.Makanan

Negara Polandia kondisinya sangat berbeda dengan Indonesia termasuk cita rasa makanan. Seperti masyarakat eropa lainnya, mereka enggak terlalu suka pedes. sangat berbeda dengan orang Indonesia yang kayaknya wajib banget ada rasa pedes – pedes kalo makan. Makanan orang Polandia lumayan enak cuma ya tadi dari rasa sangat jauh  berbeda dari makanan Indonesia. Gak ada tukang somay, tukang baso, tukang mie ayam, atau cireng yang lewat depan rumah. Kalian bakal ngerasain banget kangen – kangennya makanan Indonesia. Apalagi buat cowok – cowok yang gak pandai masak kayak gue. hehe Kangennya bakal berlipat – lipat. Kalo yang bisa masak mungkin sedikit terobati karena bisa masak sendiri. Tapi tantangannya adalah sulit untuk mencari bumbu atau sesuatu yang biasa kita gunakan di Indonesia. Meskipun ada toko asia bertebaran di berbagai kota di Polandia, tetep aja kalian bakal mikir – mikir untuk masak masakan kayak dirumah karena harganya berlipat – lipat lebih mahal.

7. Rasisme dan Islampobia

Orang – orang di Polandia hampir rata – rata baik. Tapi hampir sama dibelahan bumi manapun, pasti ada aja orang yang berperilaku buruk termasuk soal rasisme. Setelah pemilu lalu dimenangkan oleh partai nasionalis, Sestimen negatif terhadap  orang asing meningkat. ditambah lagi dengan isu imigran/ pencari suaka ke eropa. Jadi terkadang tindakan rasis sering diterima oleh orang asing disini. Misalkan di group Facebook  expats, gue sering baca cerita orang – orang yang kena rasis. Umumnya yang menerima perlakukan negatif adalah orang – orang berkulit hitam. misal dari afrika atau India. dan juga wanita – wanita muslim yang berhijab. Ini berkaitan dengan Islampobia.

Tapi menurut gue yang terpenting adalah attitude kitanya harus baik. harus bisa menghormati budaya dan perbedaan yang ada. Karena gue percaya selama kita respect sama orang lain, kemungkinan besar mereka juga bakal respect sama kita. Selama hampir 2 tahun ini, Alhamdulillah gue si aman. Namun memang temen – temen dari Indonesia ada yang pernah mengalaminya. Sampai yang paling parah menurut gue adalah diludahin dimuka.

Nah itu dia tujuh tantangan yang harus kalian hadapi selama kuliah di Polandia. hal – hal diatas adalah dari sudut pandang gue pribadi dan yang ada dikepala gue ketika baru bangun tidur pengen ngeblog. Nanti kalau ada tambahan gue update.  Kalau kalian ada pertanyaan bisa langsung tinggalkan komentar disini.

Pesen gue buat kalian yang baca ini. Tetap semangat kalau memang kuliah ke luar adalah salah satu hal  yang kalian cita – citakan. Meskipun banyak tantangan yang gue sebutin diatas. Masih banyak hal – hal baik yang kalian akan temui atau dapatkan. Mau tahu apa saja itu ? Klo gue inget nanti bakal gue nulis mengenai ini

Oke itu aja dari gue. Buat kalian yang mampir dan merasa memperoleh informasi yang bermanfaat. Kalian harus follow channel youtube gue  disini . Kenapa ? karena di channel youtube gue bakal gue update informasi – informasi terkait kuliah dan beasiswa keluar negeri

Leave a Reply

