Referensi pilih universitas tujuan di Polandia

Buat kamu yang hendak apply beasiswa ignacy , salah satu hal yang perlu kamu gali adalah tentang universitas tujuan. Karena di aplikasi pendaftaran kita diminta menentukan universitas tujuan. Pastinya kamu ingin melanjutkan studi S2 kalian di universitas – universitas Polandia terbaik dibidangnya. Buat kamu yang bingung, jangan kuatir karena sebenarnya informasi terkait universitas di Polandia bertebaran di internet. Namun sebelum gue lanjut gue mau tahu nih, apakah kamu yang mampir di website ini udah subcribe youtube channel gue ? Klo belum di subscribe dulu dong disini Di youtube channel itu gue bahas tentang kuliah di polandia serta informasi beasiswa luar negeri lainnya. Kalo sudah mari kita lanjut ke pembahasan pilih universitas tujuan.

Jadi Berikut beberapa sumber yang bisa kalian jadikan referensi dalam menentukan universitas tujuan:

1. www.topuniversities.com

Top universities adalah salah satu website yang memuat peringkat universitas – universitas di dunia ( QS World University rankings ). Kamu juga bisa check peringkat berdasarkan negara atau jurusan. Disini kamu bisa mengetahui juga profile secara umum mengenai kampus yang bersangkutan serta bidang apa saja yang ditawarkan.

2. www.timeshighereducation.com

Sama seperti topuniversities.com, Times higher education juga menampilkan ranking universitas di dunia. Namun ada beberapa indikator yang digunakan sebagai penilaian itu berbeda dengan yang digunakan oleh Top Universities. Tapi intinya kedua website ini sama – sama memberikan referensi universitas terbaik di negara yang kamu tuju.

3. http://www.studyinpoland.pl/en/

Website selanjutnya yang bisa kamu gunakan sebagai referensi adalah website study in Poland. Disini tidak hanya informasi mengenai universitas, kamu juga bisa mengetahui informasi lainnya seperti informasi general mengenai polandia, sistem pendidikan, beasiswa dan lain sebagainya.

4. website universitas

Setelah melihat ranking dari website – website diatas, kamu bisa check langsung di website universitasnya untuk mengetahui informasi detail terkait silabus jurusan serta mata kuliah yang ditawarkan untuk jurusan yang akan kamu ambil. Kalau ternyata cocok dengan bidangmu, kamu bisa jadikan universitas tersebut sebagai universitas tujuanmu.

Informasi alamat website universitas – universitas di Polandia bisa kamu lihat disini

Jika kamu merasa tidak terlalu punya cukup waktu untuk mencari universitas yang pas dengan minatmu, jangan kwatir. Isikan saja nama universitas yang sejauh kamu teliti yang paling cocok denganmu. Apabila ternyata lolos, nanti selama kamu mengikuti kursus bahasa, kamu masih bisa merubah kampus kok. Asalkan masih sesuai dengan jurusan yang kamu tentukan diawal saat apply beasiswa ini. Memang ada hal seperti surat pemberitahuan yang harus kamu urus kepada pihak pemberi beasiswa, namun prosesnya tidak rumit karena kamu akan dibantu oleh sekretariat tempat kamu mengikuti kursus bahasa.

Sekedar gambaran, mahasiswa Indonesia di Polandia saat ini tersebar di beberapa kota dan universitas .

1. Warsaw

Warsaw adalah ibu kota polandia. Mayoritas mahasiswa Indonesia melanjutkan studinya disini. Ada beberapa kampus yang dijadikan tujuan mahasiswa indonesia yang kuliah di kota ini

– Warsaw University of Technology

Warsaw University of Technology disebut juga Politechnika Warszawska. Mahasiswa Indonesia yang melanjutkan kuliah disini mayoritas mengambil jurusan seperti Environmental engineering, material engineering, fisika nuklir dan computer science.

– University of Warsaw / Uniwersytet Warszawski

Disini umumnya program yang ditawarkan untuk bidang social science. Mahasiswa yang kuliah disini mengambil political science, communication and european studies.

– Vistula university dan SGH Warsaw School of Economics

mahasiswa indonesia yang melanjutkan kuliah disini mayoritas kuliah S1 dengan mengambil jurusan bidang sosial, economic and management.

– Uniwersytet SWPS

mahasiswa yang kuliah dikampus ini mengambil clinical psychology

2. Krakow

Krakow bisa dibilang adalah kota budaya dan juga kota pendidikan di Polandia. Mahasiswa disini tersebar di beberapa kampus yaitu AGH university, Jagillonian University serta Politechnika Krakowska. Mereka mengambil jurusan kimia, petrolium, architecture serta production management.

3. Wroclaw

Wroclaw adalah kota keempat terbesar di Polandia. Ada sekitar 12 orang mahasiswa Indonesia yang saat ini sedang melanjutkan studi disini termasuk 2 diantaranya adalah erasmus student. Kota wroclaw salah satu dari dua kota yang dijadikan tempat kursus bahasa untuk mahasiswa indonesia yang menerima beasiswa ignacy lukasiewicz tahun 2016. Dikampus politechnika wroclawska mereka mengambil jurusan architecture, computer enginering, computer science and management serta kursus bahasa polish

4. Poznan

Dikota ini terdapat universitas yang membuka jurusan bahasa Indonesia. Di kota ini mahasiswa Indonesia tersebar di 2 kampus yang berbeda yaitu 2 orang kuliah di Adam Mickiewicz university in Poznan mengambil jurusan kimia dan matematika serta  1 orang mahasiswa S3 di uniwersytet Przyrodniczy w poznaniu jurusan animal nutrition and feed science

5. Lodz

Lodz adalah kota yang dijadikan tempat kursus bahasa polandia untuk mahsiswa Indonesia yang menerima beasiswa ignacy tahun 2016 disamping kota wroclaw. Di kota ini mahasiswa Indonesia kuliah di University of Lodz mengambil jurusan marketing serta kursus bahasa Polandia

6. Gdansk

Gdansk adalah kota yang terletak dekat laut baltik. Di kota ini ada satu orang mahasiswa Indonesia yang mengambil jurusan oceanografi di University of Gdansk. Dan ada juga mahasiswa erasmus di kota ini namun kuliah di kampus yang berbeda.

7. Opole

Saat ini terdapat satu mahasiswa Indonesia yang sedang melanjutkan kuliah di kota ini tepatnya di University of Opole dengan mengambil jurusan Intercultural communication

8. Olsztyn

Di kota ini terdapat satu orang mahasiswa Indonesia yang mengambil jurusan Medicine di Uniwersytet Warminsko-Mazurski w Olsztynie

Sejauh ini dikota – kota tersebutlah terdapat mahasiswa Indonesia yang mengambil degree program di Polandia yang saya ketahui. semoga informasi ini bermanfaat dan bisa dijadikan referensi untuk temen – temen yang akan apply beasiswa ignacy lukasiewicz 2017/2018 maupun yang akan melanjutkan studi ke Polandia dengan menggunakan biaya sendiri.

Jika kalian pikir informasi diatas bermanfaat, silahkan bagikan ke teman – teman kalian dan jika kalian ingin mengetahui informasi mengenai kuliah dan beasiswa ke luar negeri dengan content video, silahkan subscribe channel youtube  saya disini

Terima kasih dan tetap semangat untuk mewujudkan impian kalian !

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s