Biaya hidup di Polandia

Polandia merupakan negara yang terletak di eropa tengah dan berbatasan langsung dengan Germany. Polandia belum banyak dikenal oleh pelajar Indonesia dan bukan tujuan populer mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan studinya. Namun sebenernya Polandia sangat ideal untuk menjadi alternatif tujuan studi di eropa. Karena selain sistem pendidikannya yang baik juga biaya hidup di Polandia relative lebih murah dibandingkan dengan negara eropa lainnya. Selain itu, Polandia juga unggul untuk bidang Informasi dan teknologi.

Nah berapa si biaya hidup di Polandia ? ngomongin biaya hidup tentu sangat tergantung dengan life style seseorang. Namun kali ini saya akan bahas mengenai biaya hidup standard mahasiswa di Polandia. Ada beberapa element biaya yang rutin kita keluarkan setiap bulannya.

1.Biaya Sewa Tempat Tinggal

Ada beberapa opsi untuk tempat tinggal yang tentunya tergantung dari budget yang kita miliki. Mulai dari apartment, private room dan dormitory. Harga sewanya :

  • Apartment         : mulai dari 1200 zl + bill
  • Private room     : mulai dari 600 zl + bill
  • Dormitory.         :  350 zl ( 3 orang / kamar ) /  350 zl + bill ( 2 orang / kamar )

untuk harga apartment dan private room tentu saja  harganya sangat bervariasi tergantung fasilitas, kualitas gedung dan lokasi. Umumnya mahasiswa lokal atau mahasiswa internasional kebanyakan tinggal di dormitory. Alasan utamanya karena harga sewanya paling murah. dari segi fasilitas juga lumayan lumayan baik. Bagi kalian yang lebih suka suasana kondusif dan gak suka sharing kamar sama orang tentu apartment atau private room lebih cocok. namun harus siap keluarin uang lebih banyak. dan buat yang mau hemat pengeluaran dan suka bersosialisasi sama mahasiswa lokal maupun internasional, dormitory lebih pas. Karena tinggal di dormitory kalian lebih mudah bertemu mahasiswa lainnya. dan terkadang juga ada party dimana setiap penghuni dorm  diinvite untuk datang. Namun kekurangannya tinggal di dormitory itu kurang kondusif untuk belajar. Karena terkadang ada aja noise. mulai dari tetangga sebelah yang nyetel musik pakai speaker sampai kedengeran satu koridor, atau ada party. atau mungkin kurang cocok sama roommatenya.

2. Biaya Asuransi

Biaya berobat diluar negeri relative mahal. Oleh karena itu, lebih baik pakai jasa asuransi. supaya kalo lagi sakit, bisa cepat pergi berobat tanpa perlu pusing mikirin biaya. Tentunya banyak sekali perusahaan yang menawarkan jasa asuransi di Polandia. Salah satunya adalah NFZ yang merupakan asuransi milik pemerintah polandia. biaya yang harus dikeluarkan setiap bulannya adalah 48,6 zl . Kita bisa bayar melaui transfer atau melalui kantor pos.

3. Biaya Transportasi

Transportasi Publik di dalam kota Polandia bisa dibilang sangat baik dan terintegrasi. Umumnya terdiri dari Tram dan Bus. untuk di kota Warsaw ( ibu kota polandia ) bahkan juga tersedia Metro ( kereta bawah tanah ). Keuntungan jadi mahasiswa di Polandia adalah memiliki diskon sebesar 51% dari harga normal untuk tram, bus maupun kereta. Tiket untuk tram dan bus itu sama dan bisa dibeli di mesin yang tersedia di tempat pemberhentian atau dalam tram maupun bus. Ada beberapa jenis tiket  :

  • Single ticket      : 3 zl  untuk normal dan 1.5 zl untuk student
  • Daily ticket        : 11 zl  untuk normal dan 5.5 zl untuk student
  • Monthly ticket : 98 zl untuk norml dan 49 zl untuk student
  • semester            : 300 zl untuk normal dan 150 zl untuk student

harga diatas adalah harga tiket tram dan bus di kota Wroclaw, Polandia. tempat dimana saya tinggal. untuk di kota Polandia lainnya harganya sedikit berbeda ( bisa lebih mahal atau bisa juga lebih murah ) namun perbedaannya tidak significant.

4. Biaya Makan dan kebutuhan sehari – hari

biaya makan dan kebutuhan sehari – hari juga sangat tergantung gaya hidup seseorang. dan juga tergantung dimana kita membeli keperluan tersebut. Karena di Polandia sendiri ada banyak supermarket yang menjual kebutuhan sehari hari dengan harga yang berbeda. ada yang menjualnya relative lebih mahal dan ada juga supermarket / toko yang terkenal dengan harganya yang murah. Untuk supermarket / toko yang menjual kebutuhan sehari – hari dengan harga yang lebih murah biasanya di Auchan dan Biodrenka. Jika kita bandingkan harga – harga di kedua toko tersebut, itu harganya relative lebih murah dibandingkan dengan supermarket / lainnya.

Harga keperluan rutin :

  • Beras.   : mulai dari 2.89 zl / kg
  • Buah – buahan : mulai dari 2 zl – 15 zl / kg
  • Sayuran : mulai dari 2 zl / kg

 

Kalau saya pribadi biasanya  saya alokasikan untuk biaya makan sekitar 300 zl / bulan. Biaya tersebut sudah termasuk makan di luar sekali seminggu yang biasa saya lakuin pas weekend. Oia biaya makan diatas tergolong murah karena saya masak tiap hari gantian bareng roommate saya.

Nah itu dia mengenai beberapa biaya rutin yang dikeluarkan setiap bulannya sebagai standar biaya hidup mahasiswa di Polandia.  semog artikel ini bisa memberikan gambaran untuk teman – teman yang berencana untuk melanjutkan studi ke Polandia.

Mengenai biaya hidup di Polandia, kalian juga bisa tonton video saya di yotube disini

Sampai jumpa di artikel selanjutnya 🙂

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s