Suasana kota Wrocław saat libur natal

Tanggal 24 December, Saya, ulil dan Eko menuju old town untuk bertemu dengan mas Ubay dan istri. Mas Ubay adalah orang Indonesia yang mengajar di Gdask university of Technology. Ini pertama kali Ia dan Istri berkunjung ke Wrocław jadi Saya, Ulil dan Eko akan mengajak mereka keliling kota. Namun Suasana kota Wrocław terlihat sangat jauh berbeda saat perayaan hari natal. Kota yang biasanya sangat ramai khususnya di pusat kota berubah sangat sepi seperti kota mati. Toko, restaurant dan pusat perbelanjaan tutup sejak 24 December pukul 15.00 waktu Polandia sampai tanggal 26 December. Tempat – tempat wisata seperti muzeum, kebun binatang bahkan tutup lebih awal. Dormitory mahasiswapun berubah seperti tempat yang menyeramkan karena mahasiwa lokal mayoritas pulang kampung.

Polandia memang negara yang mayoritas penduduknya beragama kristen katholik. sehingga natal menjadi hari libur nasional dan liburan panjang untuk anak sekolah dan mahasiswa. Misalnya di Kampus Politechnika Wroclawska, libur natal dan tahun baru tahun ini dimulai sejak 23 December 2016- 8 Januari 2016. Sama halnya dengan di Indonesia saat perayaan hari raya, masyarakat Polandia menghabiskan waktu natal untuk berkumpul dengan keluarga. Penduduknya yang tidak merayakan natal biasanya juga memanfaatkan waktu ini untuk berkumpul dengan keluarga.

Kami bertemu bertepatan dengan jam makan siang. Kitapun sepakat makan dulu sebelum keliling. Tapi kami kesulitan mencari tempat makan yang buka. Padahal waktu itu kami persis di area old town. KFC, Mcd,Pizza hut atau restaurant fast food lainnyapun tutup. Untunglah oriental restaurant yang terletak di Galeria dominikanska, tak jauh dari old town,yang menyajikan makanan asia yang merupakan tempat langganan mahasiswa Indonesia masih buka. Tapi makannya kudu cepet. Karena mereka akan tutup pada jam 15.00.

Setelah perut kenyang, kamipun mengajak mas ubay dan istri keliling ke area Ostrów tumski, salah satu main atraction di Wrocław setelah Old town. Kamipun berjalan kaki.Di area Ostrów tumski, ada beberapa objek wisata, seperti tumski bridge (jembatan cinta), Katedral of St John Baptish dll. Suasana Ostrów tumskipun tak jauh berbeda dengan old town. Sangat sepi sekali. Tapi sightseeingpun terasa lebih nikmat dan bisa puas foto – foto tanpa ada orang lalu lalang.

Tak terasa kami sudah berjalan sangat jauh. Kamipun sudah berada di area campus politechnika wrocławska. Setelah puas keliling area kampus, kamipun mulai kedinginan. Kepikiranlah untuk minum kopi. Kamipun sepakat untuk kembali ke old town untuk mencari coffee shop siapa tahu ada yang buka. Namun kenyataanpun berkata lain. Coffee shop yang biasa saya kunjungipun tutup. Saya, ulil dan eko akhirnya izin pamit karena udah lelah dan kedinginan.

Kitapun bergegas menuju tram stop terdekat. Rasanya pengen cepet – cepet pulang. Tapi pas di tral stop pas liat jadwal kedatangan tram ada informasi bahwa selama libur natal terdapat perubahan operasional tram. Tram yang biasanya banyak kini cuma beroperasi satu per 30 menit. kamipun harus nunggu sampai 28 menit.

Jadi Kalau kalian berencana untuk berwisata ke kota Wrocław pada libur natal, sebaiknya kalian perlu ketahui dulu apa yang jadi tujuan kalian. Kalau kalian penggemar wisata muzeum, kuliner atau belanja, libur natal bukanlah waktu yang tepat mengunjungi Wrocław karena kalian tidak bisa mengexplore kota Wrocław secara maksimal. Namun jika kalian adalah penikmat keindahan kota, Natal sepertinya menjadi waktu terbaik untuk berkunjung. Karena kalian bisa puas berjalan kaki keliling melihat keindahan kota.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s